Memahami dan menyimpulkan isi Dialog Interaktif Skip to main content

Memahami dan menyimpulkan isi Dialog Interaktif





Standar Kompetensi :     
Mendengarkan
  1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio

Kompetensi Dasar :     
1.1   menyimpulkan isi  dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio.

Indikator :    
1)     Mampu menentukan tema
2)     Mampu menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang   logis


DIALOG INTERAKTIF

Dialog adalah percakapan antara dua orang atau lebih. Sedangkan Dialog interaktif adalah dialog yang dilakukan di televisi atau radio yang dapat melibatkan pemirsa dan pendengar melalui telepon.


Tutuplah buku pelajaranmu, dengarkan dialog yang akan dibacakan oleh temanmu atau rekaman berikut!

Dialog interaktif

Penyiar                : “Selamat sore kawula muda dimanapun berada. Jumpa lagi dengan Lita Vernanda diacara Inspirasi Sore. Pernahkah kawula muda memimpikan menjadi orang yang sukses di usia muda?bahkan di usia 20 tahun sudah menjadi dokter. Kelihatannya Lita nggak bakal berani deh mimpi kaya gitu! Tapi kawula muda sepertinya hal itu bukan lagi mimpi. Saat ini kita dapat menjumpai kelas-kelas akselerasi yang mempercepat masa studi seorang siswa. Sebagai contoh, Lita mempunyai kenalan bernama Khadijah Rizky Sumitro dia baru berusia 17 tahun. Hebatnya dia telah duduk di semester 4 fakultas kedokteran umum Unair Surabaya. Hebat bukan? Kali ini di studio telah hadir Dr. Budiyanto. Beliau adalah ketua program pendidikan luar biasa (PLB) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan juga salah satu konsultan perumus pedoman pendidikan cerdas istimewa. Slamat sore bapak, selamat datang di radio Star FM.”
Budiyanto       : “selamat sore mbak Lita dan para pendengar di rumah!”
Penyiar              : “Pendengar yang ingin bergabung dalam dialog ini dapat menghubungi nomor (031) 990080. Sebenarnya apa sih, anak cerdas istimewa itu, pak?”
Budiyanto         : “ Anak cerdas istimewa adalah anak yang usianya masih kecil tapi telah menjalani pendidikan setara dengan anak yang jauh lebih tua. Sebagai contoh anak usia 13 tahun tapi sudah henndak lulus SMP atau anak umur 15 tahun tapi sudah kuliah semester 2, dan sebagainya.”
Penyiar              : “Apa pendapat Bapak tentang pengembangan sekolah untuk anak-anak cerdas istimewa?”
Budiyanto         : “ Harus saya katakan, sejauh ini masih belum maksimal. Untuk memaksimalkan kecerdasan mereka, sebetulnya dibutuhkan keseimbangan fasilitas, sumber daya manusia (SDM), manajemen, dan pendanaan. Hingga kini, komponen-komponen itu belum seimbang.”
Penyiar            : “lalu apa indikator ketidak maksimalan tersebut, pak?”
Budiyanto         : “ Dilihat dari factor guru saja. Selama ini guru-guru di kelas akselerasi masih terkesan” diambilkan” dari kelompok guru yang dianggap cakap. Padahal, seharusnya tidak demikian. Guru yang mengajar anak-anak cerdas istimewa harus melalui pembinaan intensif lebih dulu. Sebab, anak-anak itu tak hanya membutuhkan guru-guru cerdas, melainkan para pengajar yang mempunyai empati, kreatifitas, dan improvisasi dalam kelas…
Penyiar              : “ sebenarnya apa rencana pemerintah untuk anak-anak cerdas istimewa, pak?”
Budiyanto     : “ Program yang kami susun bersama adalah pemantapan dua program. Yakni, kelas akselerasi dan enrichment (pengayakan). Adapula anak-anak cerdas istimewa yang tak mau masuk kelas akselerasi. Nah, mereka bisa masuk kelas pengayakan. Dengan demikian, seluruh kecerdasan mereka tertampung. Tapi, sampai kini, yang baru jalan Cuma kelas akselarsi.”
Penyiar              : “di line (031) 990080 telah ada yang masuk. Selamat sore dengan siapa ini dan dari mana?”
Penelpon           : “ selamat sore “ saya bapak Adi dari Sidoarjo. Saya ingin menanyakan tentang persiapan psikologis siswa akselerasi sebagaimana seperti yang telah kita ketahui siswa akselerasi, menempuh pendidikan lebih cepat dan secara otomatis mereka lulus dengan cepat apakah sudah difikirkan kematangan psikologis mereka? Terimakasih.”
Budiyanto         : “itulah yang menjadi masalah konsep akselerasi belum sepenuhnya dijalankan. Dalam konsepnya, siswa akselarsi diberi imbangan kegiatan non kurikulum. Didalam praktiknya, itu justru yang menjadi kendala, terutama dari sisi orang tua yang terobsesi anaknya lulus cepat dan memuaskan. Imbangan penguatan sosialisasi sosial tersebut bisa dilakukan dengan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat kreatif. Anak-anak itu harus sering dipertemukan dengan banyak orang. Jadi, anak matang sebelum waktunya.”
Penyiar              : “ Setelah siswa akselerasi lulus sekolah adakah kelas khusus dibangku kuliah untuk terus mengasah bakat mereka, pak?”
Budiyanto         : “Setelah lulus sekolah, kelas akselerasi memang berakhir dan kami menyerahkan sepenuhnya kepada anak-anak cerdas istimewa. Terserah mereka mau kemana. Mereka dapat berkembang sesuai keinginan dan kemampuan. Justru, mereka tidak akan enjoy, bahkan tidak bisa berkembang, kalau dibangku kuliah masih di kotak-kotakan. Seusai kuliah, kami juga belum memliliki program untuk anak-anak cerdas tersebut. Mereka akan kembali kepada masyarakat. Kami yakin, apabila aspek akademik dan psikologisnya matang dengan seimbang, mereka pasti akan bisa bekerja dengan baik.”
Penyiar              : “Kawula muda, acara dialog ini akan kita lanjutkan kembali setelah mendengarkan yang mau lewat ini.”

TUGAS
1.      Tuliskan  hal-hal  penting  yang  disampaikan  oleh  narasumber  dengan menggunakan format di bawah ini.
Narasumber
Hal Penting Isi Pembicaraan
Budiyanto
 Anak cerdas istimewa adalah anak yang usianya masih kecil tapi telah menjalani pendidikan setara dengan anak yang jauh lebih tua.
..............……………………………………………………………..........................
……………………………………………………………………..................................
……………………………………………………………………..................................
……………………………………………………………………..................................
……………………………………………………………………..................................
……………………………………………………………………..................................
……………………………………………………………………..................................
2.      Berdasar pada catatan tentang hal-hal penting tersebut, buatlah simpulan isi dialog dalam beberapa kalimat :
Simpulan isi dialog:
1.      ………………………………………………………………………………...
2.      …………………………………………………………………………………
3.      ………………………………………………………………………………...
4.      …………………………………………………………………………………

3.      Saling tukarkan hasil pekerjaanmu dan berikan penilaian simpulan yang dibuat oleh temanmu dengan menggunakan format penilaian berikut ini.

Format Penilaian Menyimpulkan Isi Dialog
Nama Siswa    :
Kelas               :
No.
Aspek/Indikator
1
2
3
4
5
Skor
1.
2.
3.
Kesesuaian dengan isi Penalaran
Struktur kalimat
Ejaan dan tanda baca









Tugas
Dengarkan dialog interaktif yang disiarkan oleh sebuah stasiun radio atau yang ditayangkan di televisi, kemudian kerjakan tugas-tugas berikut ini!
  1. Tulislah stasiun radio atau stasiun televisi yang menayangkan dialog tersebut!
  2. Tulislah waktu penayangan (jam, hari, tanggal)!
  3. Sebutkan para narasumber dan reporternya!
  4. Tulislah hal-hal penting yang dikemukakan narasumber!
  5. Buatlah simpulan isi dialog tersebut!

Comments

Popular posts from this blog

DRAMA. tegese, jenis-jenise lan unsur-unsur drama

DRAMA Drama mujudake seni pertunjukan sing nampilake lakon (paraga) ing pentas (panggung). Jenis-jenise drama :

TEMBUNG ENTAR, GARBA, SAROJA. tegese lan tuladhane tembung entar, garba lan saroja

Tembung Entar Tembung entar ing bahasa Indonesia diarani kata bermakna kiasan (konotasi). Tembung entar (tembung silihan) iku tembung sing wis oncat saka tegese sing baku utawa tembung sing ora kena ditegesi mung sawantahe. Tuladha :

Tegese ukara agnya, tuladha, lan jenise...

    UKARA AGNYA UKARA AGNYA yaiku ukara kang ngemu surasa pakon (perintah). Ukara agnya adate migunakake panamabang a , na, ana.lan en Tuladha :