Standar
Kompetensi :
Mendengarkan
- Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
Kompetensi
Dasar :
1.1 menyimpulkan isi dalam dialog interaktif pada tayangan
televisi/siaran radio.
Indikator :
1) Mampu menentukan tema
2) Mampu menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan
yang logis
DIALOG
INTERAKTIF
Dialog adalah
percakapan antara dua orang atau lebih. Sedangkan Dialog interaktif adalah
dialog yang dilakukan di televisi atau radio yang dapat melibatkan pemirsa dan
pendengar melalui telepon.
Tutuplah buku pelajaranmu, dengarkan dialog yang akan dibacakan
oleh temanmu atau rekaman berikut!
Dialog
interaktif
Penyiar :
“Selamat sore kawula muda dimanapun berada. Jumpa lagi dengan Lita Vernanda
diacara Inspirasi Sore. Pernahkah kawula muda memimpikan menjadi orang yang
sukses di usia muda?bahkan di usia 20 tahun sudah menjadi dokter. Kelihatannya
Lita nggak bakal berani deh mimpi kaya gitu! Tapi kawula muda sepertinya hal
itu bukan lagi mimpi. Saat ini kita dapat menjumpai kelas-kelas akselerasi yang
mempercepat masa studi seorang siswa. Sebagai contoh, Lita mempunyai kenalan
bernama Khadijah Rizky Sumitro dia baru berusia 17 tahun. Hebatnya dia telah
duduk di semester 4 fakultas kedokteran umum Unair Surabaya. Hebat bukan? Kali
ini di studio telah hadir Dr. Budiyanto. Beliau adalah ketua program pendidikan
luar biasa (PLB) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan juga salah satu
konsultan perumus pedoman pendidikan cerdas istimewa. Slamat sore bapak,
selamat datang di radio Star FM.”
Budiyanto :
“selamat sore mbak Lita dan para pendengar di rumah!”
Penyiar :
“Pendengar yang ingin bergabung dalam dialog ini dapat menghubungi nomor (031)
990080. Sebenarnya apa sih, anak cerdas istimewa itu, pak?”
Budiyanto :
“ Anak cerdas istimewa adalah anak yang usianya masih kecil tapi telah
menjalani pendidikan setara dengan anak yang jauh lebih tua. Sebagai contoh
anak usia 13 tahun tapi sudah henndak lulus SMP atau anak umur 15 tahun tapi
sudah kuliah semester 2, dan sebagainya.”
Penyiar :
“Apa pendapat Bapak tentang pengembangan sekolah untuk anak-anak cerdas
istimewa?”
Budiyanto :
“ Harus saya katakan, sejauh ini masih belum maksimal. Untuk memaksimalkan
kecerdasan mereka, sebetulnya dibutuhkan keseimbangan fasilitas, sumber daya
manusia (SDM), manajemen, dan pendanaan. Hingga kini, komponen-komponen itu
belum seimbang.”
Penyiar :
“lalu apa indikator ketidak maksimalan tersebut, pak?”
Budiyanto :
“ Dilihat dari factor guru saja. Selama ini guru-guru di kelas akselerasi masih
terkesan” diambilkan” dari kelompok guru yang dianggap cakap. Padahal,
seharusnya tidak demikian. Guru yang mengajar anak-anak cerdas istimewa harus
melalui pembinaan intensif lebih dulu. Sebab, anak-anak itu tak hanya
membutuhkan guru-guru cerdas, melainkan para pengajar yang mempunyai empati,
kreatifitas, dan improvisasi dalam kelas…
Penyiar :
“ sebenarnya apa rencana pemerintah untuk anak-anak cerdas istimewa, pak?”
Budiyanto : “
Program yang kami susun bersama adalah pemantapan dua program. Yakni, kelas
akselerasi dan enrichment (pengayakan). Adapula anak-anak cerdas
istimewa yang tak mau masuk kelas akselerasi. Nah, mereka bisa masuk kelas
pengayakan. Dengan demikian, seluruh kecerdasan mereka tertampung. Tapi, sampai
kini, yang baru jalan Cuma kelas akselarsi.”
Penyiar :
“di line (031) 990080 telah ada yang masuk. Selamat sore dengan siapa ini dan
dari mana?”
Penelpon :
“ selamat sore “ saya bapak Adi dari Sidoarjo. Saya ingin menanyakan tentang
persiapan psikologis siswa akselerasi sebagaimana seperti yang telah kita
ketahui siswa akselerasi, menempuh pendidikan lebih cepat dan secara otomatis
mereka lulus dengan cepat apakah sudah difikirkan kematangan psikologis mereka?
Terimakasih.”
Budiyanto :
“itulah yang menjadi masalah konsep akselerasi belum sepenuhnya dijalankan.
Dalam konsepnya, siswa akselarsi diberi imbangan kegiatan non kurikulum.
Didalam praktiknya, itu justru yang menjadi kendala, terutama dari sisi orang
tua yang terobsesi anaknya lulus cepat dan memuaskan. Imbangan penguatan
sosialisasi sosial tersebut bisa dilakukan dengan kegiatan ekstrakurikuler yang
bersifat kreatif. Anak-anak itu harus sering dipertemukan dengan banyak orang.
Jadi, anak matang sebelum waktunya.”
Penyiar :
“ Setelah siswa akselerasi lulus sekolah adakah kelas khusus dibangku kuliah
untuk terus mengasah bakat mereka, pak?”
Budiyanto :
“Setelah lulus sekolah, kelas akselerasi memang berakhir dan kami menyerahkan
sepenuhnya kepada anak-anak cerdas istimewa. Terserah mereka mau kemana. Mereka
dapat berkembang sesuai keinginan dan kemampuan. Justru, mereka tidak akan enjoy,
bahkan tidak bisa berkembang, kalau dibangku kuliah masih di kotak-kotakan.
Seusai kuliah, kami juga belum memliliki program untuk anak-anak cerdas
tersebut. Mereka akan kembali kepada masyarakat. Kami yakin, apabila aspek
akademik dan psikologisnya matang dengan seimbang, mereka pasti akan bisa
bekerja dengan baik.”
Penyiar :
“Kawula muda, acara dialog ini akan kita lanjutkan kembali setelah mendengarkan
yang mau lewat ini.”
TUGAS
1. Tuliskan hal-hal penting yang disampaikan
oleh narasumber dengan menggunakan format di bawah ini.
Narasumber
|
Hal
Penting Isi Pembicaraan
|
Budiyanto
|
Anak cerdas istimewa adalah anak yang usianya
masih kecil tapi telah menjalani pendidikan setara dengan anak yang jauh
lebih tua.
..............……………………………………………………………..........................
……………………………………………………………………..................................
……………………………………………………………………..................................
……………………………………………………………………..................................
……………………………………………………………………..................................
……………………………………………………………………..................................
……………………………………………………………………..................................
|
2. Berdasar pada catatan tentang hal-hal penting tersebut, buatlah simpulan
isi dialog dalam beberapa kalimat :
Simpulan isi dialog:
1. ………………………………………………………………………………...
2. …………………………………………………………………………………
3. ………………………………………………………………………………...
4. …………………………………………………………………………………
3. Saling tukarkan hasil pekerjaanmu dan berikan penilaian simpulan yang
dibuat oleh temanmu dengan menggunakan format penilaian berikut ini.
Format Penilaian
Menyimpulkan Isi Dialog
Nama Siswa :
Kelas
:
No.
|
Aspek/Indikator
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Kesesuaian dengan isi Penalaran
Struktur kalimat
Ejaan dan tanda baca
|
Tugas
Dengarkan dialog interaktif yang disiarkan oleh sebuah stasiun radio atau
yang ditayangkan di televisi, kemudian kerjakan tugas-tugas berikut ini!
- Tulislah stasiun radio atau stasiun televisi yang menayangkan dialog tersebut!
- Tulislah waktu penayangan (jam, hari, tanggal)!
- Sebutkan para narasumber dan reporternya!
- Tulislah hal-hal penting yang dikemukakan narasumber!
- Buatlah simpulan isi dialog tersebut!
Comments
Post a Comment